Makelar Kaya

Posted: Oktober 31, 2015 in Amalan, Cinta, Umum
Tag:

3ec27655e021109cc455fe12fe074441

 

 

 

 

 

 

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fih kamaa yuhibbu Robbuna wa yardho, wa asyhadu alla ilaha illallah wahdahu laa syarika lah wa asy-hadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rosuluh. Allahumma sholli ‘ala Nabiyyina Muhammad wa ‘ala alihi wa shohbihi wa sallam.

  1. Memberikan orang lain minum kepada yang haus itu baik
  2. Memberikan orang lain makan kepada yang lapar itu baik
  3. Memberikan uang bagi yang membutuhkan itu juga baik
  4. Memberikan apa yang bisa diberikan kepada siapa pun yang membutuhkan baik

Semua bicara baik. Sebagaimana:

Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.”

(HR. Thabrani dan Daruquthni)

Point 1 dan 4 memiliki arti kata memberi. Dan terkadang berbicara memberi dijaman sekarang ini terkadang sensitif. Boro-boro ngasih,orang buat sendiri aja susah. Ya,inilah fenomena yang riil terjadi. Dalam sudut pandang yang lain,kalimat memberi sebetulnya memiliki makna “penyambung”.

Lah kok bisa??..Iya,penyambung dari dari satu titik ketitik yang lain..Dari pedagang yang satu ke pedagang yang lain..Loh,kok jadi ngomongin pedagang??..macam “mekelar” aja??

 

Ya,menarik kita bicara makelar…Makelar kebaikan.

Salah satu dampak dari menjadi makelar kebaikan selain berbuah pahala dari Allah SWT juga memiliki dampak-dampak positive lainnya seperti membuat seseorang yang menjadi makelar kebaikan lebih sehat dan lebih bahagia. Karena ternyata menurut penelitian memberi atau berbagi itu akan meransang munculnya hormon endorfin atau sering juga disebut sebagai hormon feel good , hormon ini sanggup menekan kadar stres, beban Anda pun sedikit terangkat, mengurangi berbagai macam penyakit didalam tubuh, membuat hati lebih lega dan lebih bahagia

Menjadi makelar kebaikan cukup mudah,tapi harus konsisten. Ga hanya berbentuk uang tapi kalo pun uang ga mesti gede juga,misal:

Bagi anda yang memiliki uang cukup banyak dan terbiasa makan di fast food dengan harga yang lumayan mahal sebutlah untuk sekali makan 1 porsi anda bisa menghabiskan hingga Rp.100.000,-, tentu membeli nasi di warung nasi dengan lauk orek tempe ditambah 1 buah telor seharga Rp.8000,- tentu suatu yang murah dan tidak istimewa bagi anda. Tapi tahukah anda?, ternyata diluar sana sangat banyak saudara-saudara kita yang hanya untuk membeli nasi putih 1 porsi seharga Rp.3000,- saja adalah hal yang sulit baginya. So, jika suatu saat anda membeli beberapa bungkus nasih pakai telor seharga Rp.8000,- dan membagi-bagikannya kepada yang membutuhkan seperti pemulung, tukang sapu jalan dan lain sebagainya tentu ini akan membuat mereka sangat bahagia. Jika tidak sanggup membeli banyak coba beli hanya 1 bungkus saja dan berikan kepada 1 orang, dengan kebahagiaan yang mereka rasakan in syaa Allah energinya akan menular kepada anda dan tentu akan membuat anda bahagia juga.(*)

Bagaimana yang tidak menggunakan uang??..

Jika dalam lingkungan rumah atau masyarakat,maka kita ber-insiatif untuk melakukan kegiatan bersih-bersih bersama dan mengajak seluruh warga serta warga tersebut mau membersihkan bersama-sama hingga bersih. Dan setelah bersih maka,kita bisa dijadikan makelar kebaikan. Iya kalo pada mau,kalo sebaliknya??..Ga ada yang mau,malah diam??..Ga kenapa-kenapa,lakuin aja sendiri,insha allah cape..

Tapi,jika kelak akan ada yang mengikutinya perlahan demi perlahan,inilah yang disebut makelar. Menjadi penyambung kebaikan,maka dalam bahasa kerenya sering saya sebut yaitu “Passive in come to HEAVEN”

Dan ga cuma perihal kerja bakti seperti contoh diatas,ada banyak yang bisa kita lakukan untuk bisa menjadi makelar kebaikan,ga cuma memberi tapi “ngajak”:

  1. Ngajak orang beribadah kepada Allah
  2. Ngajak orang takut kepada Allah
  3. Ngajak orang menjalankan perintah Allah
  4. Ngajak yang baik-baik aja

Lah,jadi cuma ngajak??..

Ngajak doang??

Iya cuma ngajak..TAPI lihat apa yang akan terjadi,jika “ngajak” kita benar-benar ngajak..Allah pun akan ngajar kita jadi “makelar”nya

Binggung??..Ga usah binggung,lakuin dan jadilah agen-agen nya Allah sebagai makelar kebaikan.

Wallahu a’lam bishawab

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Ref:

*) elmina indonesia

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s