Crane,hingga Mina 2015

Posted: September 25, 2015 in Yaumul Akhir
Tag:

ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُوٓا۟ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيْهِ رَٰجِعُونَ ﴿١٥٦﴾

“156. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.”
(Q.S. Al Baqarah 2:156)

image

11 September 2015…
(menjelang magrib)
Alat berat, atau crane, yang banyak ditemui di lingkungan Masjidil Haram karena sedang dilakukan renovasi demi memperluas kapasitas jamaah tiba-tiba runtuh serta menimpa para jamaah haji..Puluhan bahkan ratusan jemaah haji mengalami luka-luka,bahkan ada beberapa yg meninggal dunia…Cuaca yg ekstrim menjadi salah satu penyebab peristiwa tersebut… “Kejadian diawali dengan hujan dan angin kencang. Lalu terdengar suara dentuman keras seperti suara petir,” kata Aljazuli, salah satu jamaah Indonesia yang berada di dekat lokasi kejadian saat diwawancarai Tv One..

image

22 September 2015…(malam hari)
Puluhan tenda jamaah haji Indonesia di Padang Arafah roboh diterpa angin kencang, Tenda-tenda yang roboh tersebut berada di maktab nomor 8 dan 9 yang dihuni jamaah haji dari Banten, Jakarta Selatan, dan Depok.

Robohnya tenda disebabkan angin kencang disertai klat yang menerpa Padang Arafah selepas Isya. Jamaah yang sedang berada di dalam tenda sudah menduga tenda mereka akan roboh. Mereka pun memutuskan untuk keluar dari tenda

image

24 September 2015…
Perjalanan menuju ativitas Jumroh….Tragedi Mina kembali terjadi…

2 Juli tahun 1990,sebanyak 1.426 jiwa meninggal akibat salingteri-injak di Haratul Lisan.. Dari seluruh korban tersebut sebanyak 649 jemaah asal Indonesia menjadi korban insiden maut tersebut. Itu terjadi karena jemaah, baik yang akan pergi melempar jumrah maupun yang pulang, berebutan dari dua arah untuk memasuki satu-satunya terowongan yang menghubungkan tempat jumrah dan Haratul Lisan.

Musibah itu terjadi karena masing-masing ingin mendapatkan yang afdhal atau utama dalam ibadahnya. Sehingga terjadi konsentrasi manusia dalam waktu yang bersamaan. Diawali dengan puluhan hingga ratusan ribu jemaah haji dari berbagai penjuru dunia berjalan lewat terowongan Haratul Lisan.

Dan saat ini,24 September pukul 07.00 (waktu setempat) peristiwa itu pun kembali terulang.. Berdasarkan data terakhir, jumlah korban tewas dalam musibah tersebut mencapai 717 orang. Kemudian sebanyak 863 jamaah luka-luka. Adapun, sebagian besar korban tewas adalah jemaah dari negara-negara Afrika dan Mesir

Mari kita berdoa kepada Allah Azza Wa Jalla…Semoga para jamaah haji yg menjadi tamu Allah,yg telah wafat tentunya pun dengan izin Allah…Dijadikan wafatnya sebagai syuhada yg kelak akan masuk Surga Nya…Aamiin..

Jakarta,
24 September 2015
10 Dzulhijjah 1436 H

Jazakumullah Khoir Katsiran

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s