Bacaan Yasin

Posted: Agustus 30, 2015 in Amalan, Yaumul Akhir
Tag:

Assalamu’alaikum wr,wb

Ketika saudara kita sesama muslim (rekan kerja,tetangga,teman,dll) meninggal dunia..Kebanyakan dari kita melakukan sebuah ritual “Yasinan”…Dan biasanya dilakukan bada Magrib atau bada Isya..Pada masyarakat luas sering terjadi perbedaan pendapat…Bagus,karena begini dan begitu….Benar kah??…Mari kita sama-sama belajar….

اقْرَؤُا عَلَى مَوْتَاكُمْ “يس”

“Bacakanlah surat Yasin terhadap orang yang akan mati di antara kalian”.

“Surat Yasin adalah hati (jantung) Al-Qur’an. Tidak ada seorang pun yang membacanya yang menginginkan Allah dan hari akhirat, kecuali dia akan diampuni dosanya. Dan bacakanlah surat itu terhadap orang yang mati di antara kailan’[1]

Hadits ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban, sedangkan Yahya bin Al-Qaththan menjelaskan illatnya (cacatnya) berupa idhthirab (goncang), mauquf (sampai sahabat). Abu Utsman dan bapaknya yang disebutkan dalam sanadnya ini majhul (tidak diketahui) keadaannya.

Maka,mari kita mencari refrensi terkait hadist tadi dari beberapa para ulama….

  • Ibnu Hajar :Al Hafidz Ibnu Hajar mengatakan  dalam Talkhisul Habir: “An Nasa’iy dan Ibnu Majah tidaklah mengatakan, dari bapaknya [bapak Abu Utsman]. Ibnu al Qathan mencacat hadits ini dengan adanya kegoncangan sanadnya dan mauquf-nya riwayat tersebut serta tidak dikenalnya Abu Utsman dan bapaknya. Abu Bakar Ibnu al ‘Arabiy telah menukil dari ad Daruquthniy bahwasanya Beliau mengatakan: ‘Hadits ini lemah sanadnya,asing matannya dan tidak sah dalam bab ini satu haditspun’”

 

  • Adz Dzahabiy : Imam adz Dzahabiy berkata: “Dikatakan bahwasanya nama Abu Utsman adalah Sa’id.Ia meriwayatkan dari bapaknya dari Ma’qil bin Yasar sebuah hadits yang berbunyi:

    اقرأوا على موتاكم يس

    Bacakanlah surat Yasin kepada orang yang akan meninngal dunia di antara kalian

    Abu Utsman dan bapaknya tidaklah dikenal dan tidaklah meriwayatkan darinya kecuali Sulaiman at Taimiy“.

 

  • Ibnu Qathan :Beliau berkata: “Hadits tersebut tidaklah shahih karena Abu Utsman ini tidak dikenal dan tidak meriwayatkan darinya kecuali Sulaiman bin Yasar.Apabila dia tidak dikenal maka bapaknya lebih tidak dikenal lagi padahal dia meriwayatkan darinya”
  • Imam An Nawawi : Berkata imam An Nawawiy: “Sanadnya lemah karena di dalamnya terdapat dua perawi yang tidak dikenal namun Abu Dawud tidaklah melemahkannya”
  • Shekh Al Abani: Beliau berkata: “Dalam sandanya terdapat cacat yang lain yaitu kegoncangan sanadnya.Sebagian perawi mengatakan dari Abu Utsman dari bapaknya dan sebagian mengatakan dari Abu Utsman dari Ma’qil bin Yasar dengan tidak mengatakan dari bapaknya dan bapaknya juga tidak dikenal”

Berdasarkan keterangan ini, maka kami tidak perlu menjelaskan maksud hadits ini, karena hadits ini tidak shahih. Seandainya dianggap shahih, maka maksudnya adalah membacakan surat Yasin kepada orang yang sedang sekarat supaya ingat, dan supaya pada akhir masa hidupnya di dunia mendengar bacaan Al-Qur’an. (Maksud hadits ini), bukanlah membacakan surat Yasin kepada orang yang sudah nyata-nyata meninggal

Ada sebagian orang yang membawa pengertian hadits ini kepada zhahirnya, sehingga mengatakan sunnahnya membacakan Al-Qur’an kepada orang yang sudah meninggal, karena (menurut mereka, red) tidak ada hal yang mengalihkan makna hadits ini dari makna zhahirnya.

Wawalhu’alam bishawab

Wassalamu’alaikum wr,wb

Ref:

[1]. Dikeluarkan oleh Imam Ahmad (5/26,27), Abu Dawud (3/489, no. 3121), Ibnu Majah (1/466, no. 1448), Ibnu Abi Syaibah (3/237), Ibnu Hibban (7/269, no. 3002), Ath-Thabrani (20/219, 220, 231. no. 510, 511 dan 541), Al-Hakim (1/565), Ath-Thayalisi (hlm. 126 no. 931), An-Nasaa’i di dalam Amalul Yaumi wal Lailah (hlm. 581, 582, no. 1074, 1075), Al-Baihaqi (3/383) dan Al-Baghawi (5/295, no. 1461)

[2]. muslim.or.id

[3]. almanhaj.or.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s