Togar…

Posted: Agustus 9, 2015 in Amalan, Umum
Tag:

Allahuakbar…allahuakbar…..(Lantunan adzan) kumandang Dzuhur memerintahkan semua umat muslim untuk menghentikan semua aktifitasnya untuk segera meeting dengan Allah Azza Wa Jalla…

Saya pun bersegera menuju masjid…Langkah demi langkah ku tapaki kaki ini menuju rumah Nya…Dan dari kejauhan langkah kaki di belakang ku pun berbunyi langkah yang cepat menghampiri…#felling ku,pasti anak kecil yang sedang berlari-lari…Ya,ternyata benar felling ku…Langkah itu,langkah anak kecil…Bernama TOGAR…Anak ber-usia 6 tahun yang berbaju gamis putih menuju rumah Allah Azza Wa Jalla…

Keren..Ber-aura…itulah gambar wajah dari Togar…bocah kecil yang pergi ke masjid bukan karena ikut atau dipaksa oleh ayah dan ibunya…Ia benar-benar ke masjid karena niatnya sendiri…KEREN….

Usut punya usut…Ayah Togar berdinas di luar negeri..di Kuala Lumpur tepatnya..Ia tinggal bersama ibu dan tantenya…Seperti itu hal yang biasa-biasa…Tapi dibalik itu,terlontar sebuah pertanyaan yang saya lontarkan buat nya…Kalo Subuh ke masjid sendiri juga Togar??…Ia…aq sendiri juga ke masjid…SUBHANALLAH….

Sontak saya jadi teringat sebuah goyaon terkait masjid bagi seorang lelaki khususnya

“Lelaki sejati bukanlah lelaki yang bisa menaklukan tingginya gunung derasnya ombak yang tinggi…Tapi lelaki sejati ialah yang bisa melangkahkan kakinya ke rumah Allah”…

Kalo begitu,bukankah Togar lebih sejati dari kebanyakan lelaki yang masih jarang ke masjid??….Atau jangan-jangan Togar sudah paham sebagaimana apa yang dikatakan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةُ الرَّجُلِ فِى جَمَاعَةٍ تَزِيدُ عَلَى صَلاَتِهِ فِى بَيْتِهِ وَصَلاَتِهِ فِى سُوقِهِ بِضْعًا وَعِشْرِينَ دَرَجَةً وَذَلِكَ أَنَّ أَحَدَهُمْ إِذَا تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ أَتَى الْمَسْجِدَ لاَ يَنْهَزُهُ إِلاَّ الصَّلاَةُ لاَ يُرِيدُ إِلاَّ الصَّلاَةَ فَلَمْ يَخْطُ خَطْوَةً إِلاَّ رُفِعَ لَهُ بِهَا دَرَجَةٌ وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةٌ حَتَّى يَدْخُلَ الْمَسْجِدَ فَإِذَا دَخَلَ الْمَسْجِدَ كَانَ فِى الصَّلاَةِ مَا كَانَتِ الصَّلاَةُ هِىَ تَحْبِسُهُ وَالْمَلاَئِكَةُ يُصَلُّونَ عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِى مَجْلِسِهِ الَّذِى صَلَّى فِيهِ يَقُولُونَ اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اللَّهُمَّ تُبْ عَلَيْهِ مَا لَمْ يُؤْذِ فِيهِ مَا لَمْ يُحْدِثْ فِيهِ

“Shalat seseorang dengan berjama’ah lebih banyak pahalanya daripada shalat sendirian di pasar atau di rumahnya, yaitu selisih 20 sekian derajat. Sebab, seseorang yang telah menyempurnakan wudhunya kemudian pergi ke masjid dengan tujuan untuk shalat, tiap ia melangkah satu langkah maka diangkatkan baginya satu derajat dan dihapuskan satu dosanya, sampai ia masuk masjid. Apabila ia berada dalam masjid, ia dianggap mengerjakan shalat selama ia menunggu hingga shalat dilaksanakan. Para malaikat lalu mendo’akan orang yang senantiasa di tempat ia shalat, “Ya Allah, kasihanilah dia, ampunilah dosa-dosanya, terimalah taubatnya.” Hal itu selama ia tidak berbuat kejelekan dan tidak berhadats.” (HR. Bukhari no. 477 dan Muslim no. 649).

Ketimbang kita??….(kita??…lo aja kali!!…hehehehe)…Apa pun itu ikhwa….kecil,sederhana,…Bisa jadi Togar tidaklah atau belum lah paham akan hadist diatas…Tapi ia sudah bisa menjalankannya,sebab iya niat…So, kita yang sudah besar..#lagi-lagi kita??…lo aja kali…hehehe…Bisa,bahkan baca,terlebih sering dengar di majelis-majelis ilmu…Tetap saja ta bergeming untuk melangkahkan kaki kita ke masjid…

Togar….dari mu saya belajar akan niat yang ikhlas,dan tulus…Pelajaran yang berharga,tanpa paksaan Togar berbuat…Tapi kan itu seribu banding satu orang yang macam gitu???…YA…begitulah pertanyaan bagi the looser….Hayolah jadi the winner….siapapun dia,jika benar,maka patut dicontoh,,,,jazakallah khoir katsiran TOGAR

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s