Second life

Posted: April 4, 2015 in Tauhid, Umum, Yaumul Akhir
Tag:

Assalamu’alaikum…

Tadi malam saya berta’ziah ke salah satu saudara yang berada di bilangan Depok..(Alm) menghembuskan nafas terakhir kurang lebih ba’da sholat Jum’at….Semoga (Alm) termasuk ke dalam Hadish Rasulullah,sebagaimana yang diriwayatkan oleh al-Tirmidzi dalam Sunan-Nya, dari hadits Abdullah bin Amr Radhiyallahu ‘Anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,

“Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at atau malam Jum’at melainkan Allah melindunginya dari siksa kubur.” (HR. Al-Tirmidzi, no. 1043)

Itu merupakan salah satu pelajaran yang berharga..Sebab dalam sudut pandang lain yang harus kita ingat:

1. Kematian bisa datang kapan saja,dimana saja,dan tidak bisa di Request kan??

2. Sudah kah bekal kita sudah cukup untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya di alam kubur nanti??

3. Tentu masih banyak yang kita bisa pelajari dari peristiwa MENINGGAL DUNIA nya seseorang…

Tidaklah sampai disitu pelajaran yang bisa saya ambil dalam hari jumat yang penuh keberkahan dari Allah SWT…Salah satu saudara saya yang juga berkunjungan dalam ta’ziah yaitu Bang Nanda….beberapa bulan yang lalu Bang Nanda mengalami kecelakaan motor,yang mengakibatkan di amputasinya 3 1/2 jari kaki sebelah kanan, tangan sebelah kanan patah, pergelangan pun patah….

Maka apa pelajaran yang bisa diambil lagi dari kisah Bang Nanda ini??

Setiap peristiwa yang terjadi sesuai dengan takdir…Walaupun terjadi perisriwa kecelakaan yang dialami Bang Nanda,ia terus istiqomah…

Allah Ta’ala berfirman,

إنا كل شىء خلقنه بقدر

“Sesungguhnya Kami menciptakan segala sesuatu menurut ukuran.” (Qs. Al-Qamar: 49)

Dahsyat…..Lisanya terucap pada kalimat Ilahi….

وخلق كـل شىء فقدره, تقديرا

“Dan Dia telah menciptakan segala sesuatu, dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya.” (Qs. Al-Furqan: 2)..

Bang Nanda bilang “..Saya baru merasakan begitu besar karunia Allah,ketika sudah tidak ada sebagian anggota tubuh saya,tapi Allah berikan “second life” pada saya…begitu baru taunya saya,terhadap arti kecil yang sebetulnya besar…Kita suka menggangap remeh sesuatu, padahal besar ketika ia hilang..Bahkan yang namanya “Upil” dalam hidung,kita bersihin aja,kita jarang berucap allhamdulillah…bersin jarang ucapkan itu….malahan kita suka acuh…”

Maka teringatlah saya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لا يؤمن عبد حتى يؤمن بالقدر خبره وشره حتى بعلم أن ما أصابه لم يكن ليخطئه وأن ما أخطأه لم يكن ليصيبه

“Tidak beriman salah seorang dari kalian hingga dia beriman kepada qadar baik dan buruknya dari Allah, dan hingga yakin bahwa apa yang menimpanya tidak akan luput darinya, serta apa yang luput darinya tidak akan menimpanya.” (Shahih, riwayat Tirmidzi dalam Sunan-nya (IV/451) dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, dan diriwayatkan pula oleh Imam Ahmad dalam Musnad-nya (no. 6985) dari ‘Abdullah bin ‘Amr. Syaikh Ahmad Syakir berkata: ‘Sanad hadits ini shahih.’ Lihat juga Silsilah al-Ahaadits ash-Shahihah (no. 2439), karya Syaikh Albani rahimahullah)

Jibril ‘alaihis salam pernah bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai iman, maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

الإيمان أن تؤ من با لله وملا ئكته وكتبه ورسله واليوم الا خر وتؤ من بالقدرخيره وشره

“Engkau beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya, Rasul-Rasul-Nya, hari akhir serta qadha’ dan qadar, yang baik maupun yang buruk.”
(Shahih, riwayat Muslim dalam Shahih-nya di kitab al-Iman wal Islam wal Ihsan (VIII/1, IX/5))

Dari pelajaran kecil ini,seharusnylah kita belajar….ketika anggota tubuh kita masih utuh…seberapa besar kita mengucapkan rasa syukur…ketika kita masih bisa bernafas,seberapa sering kita ucapkan Allhamdulillah…Semoga akan kita mulai saat ini dan seterusnya menjadi Insan yang tak pernah mensyukuri karena Allah SWT dengan bukan hanya mengucapakan, tetapi melakukan segala perintahnya dan menjauhi laranganNya..

Wassalamu’alaikum wr.wb

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s