Qurban selesai,terus??

Posted: Oktober 5, 2014 in Amalan
Tag:

Assalammua’laikum wr.wb
Allahumma shaali alla Muhammad,wa alla alli Muhammad…

Allahu akbar3x….La illaha ilawawlahu akbar..Allahu akbar, wa lilailham…

Hari ini,Ied Adha telah dikumandangkan di seantero jagad.Walau sebelumnya terjadi perbedaan sedikit…Yo ga popo to..hehehehe…Siapa yg hari ini menyembelih qurban??..atau kita balik,qurban apa kita tahun ini??..Mungkin celotehan ringan yg sering kita dengar,qurban perasaan aja ah!!!…Demi Allah itu bid’ah…hehehehe..serius beneran…hehehe

Setelah Ied selesai,apa yg harus kita lakukan??..haruskah kita menjadi biasa-biasa lagi,tanpa ada amalan yg kita akan lakukan??..Maka jawabannya adalah TIDAK…Justru di hari “Tasyrik” ini,ada point-point/hal-hal yg sering kita lupakan…Apa aja point itu??…Yu kita,sama-sama pelajari bersama:

1. Memahami apa itu tasyrik??.. Istilah tasyrik diambil dari kata [شرقت الشمش] yang artinya matahari terbit. Menjemur sesuatu, dalam bahasa Arab dinyatakan: [شَرَّقَ الشَيْءَ لِلشَّمْشِ].

Hari tasyrik adalah tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Ada juga yang menyatakan, bahwa hari tasyrik meliputi empat hari, hari Idul Adha dan 3 hari setelahnya.

2. Allah Ta’ala mengistimewakan hari tasyrik, dengan Allah jadikan hari ini sebagai waktu istimewa untuk berdzikir. Sehingga Allah perintahkan kaum muslimin untuk memperbanyak dzikir di hari ini.

Dalam hadis dari Abdullah bin Qurth radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَعْظَمُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللَّهِ يَوْمُ النَّحْرِ، ثُمَّ يَوْمُ الْقَرِّ
“Hari yang paling agung di sisi Allah adalah hari qurban (Idul Adha) kemudian hari al-qarr.” (HR. Abu Daud 1765, Ibnu Khuzaimah 2866, dan dishahihkan al-Albani. Al-A’dzami mengatakan dalam Ta’liq Shahih Ibn Khuzaimah: Sanadnya Sahih). Yang dimaksud hari ‘al-qarr’ adalah tanggal 11 Dzulhijjah

3. Dari Nubaisyah al-Hudzali radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَذِكْرٍ لِلَّهِ
“Hari Tasyrik adalah hari makan, minum, dan banyak mengingat Allah.” (HR. Muslim, Ahmad, Abu Daud, Nasa’i). Maka di tasyrik inilah umat Muslim dilarang berpuasa..

4. Melakukan Takbiran setiap selesai shalat wajib. Ini sebagaimana yang dilakukan para sahabat. Sebagaimana praktek Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu, bahwa beliau dulu bertakbir setelah shalat shubuh pada tanggal 9 Dzulhijjah sampai setelah dzuhur pada tanggal 13 Dzulhijjah. (Ibn Abi Syaibah dan al-Baihaqi dan sanadnya dishahihkan al-Albani)

5. Di sunah kan untuk membaca doa,sebagaimana Allah swt berfirman:

فَإِذَا قَضَيْتُمْ مَنَاسِكَكُمْ فَاذْكُرُوا اللَّهَ كَذِكْرِكُمْ آبَاءَكُمْ أَوْ أَشَدَّ ذِكْرًا فَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ خَلاقٍ, وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“Apabila kamu telah menyelesaikan ibadah hajimu, maka berdzikirlah (dengan menyebut) Allah, sebagaimana kamu menyebut-nyebut (membangga-banggakan) nenek moyangmu, atau (bahkan) berzikirlah lebih banyak dari itu. Maka di antara manusia ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami (kebaikan) di dunia”, dan tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat. Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Robbana aatina fid dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah wa qina ‘adzaban naar” [Ya Rabb kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka].” (QS. Al Baqarah: 200-201).

Itulah beberapa amalan yg kita bisa lakukan dan kita raih setelah Ied Adha berlalu..Tentu kesempatan ini pun tidak kalah pentingnya,jika kita bisa melakukanya..Maka,jadikan setiap amalan yg kita lakukan tentunya dengan mengharap Ridho Nya Allah Azza Wa Jalla,dan jadikan diri kita “Simpul Amal Sholeh” bagi sesama muslim lainya. Sehingga akan menjadi pemberat amal kebaikan di akhirat kelak

Wawlahua’lam bishawab
Wassalamu’alaikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s