Qurban

Posted: Februari 12, 2014 in Tauhid
Tag:

Assalamualikum wr.wb

Allahumma Shauli Alla Sayidinna Muhammad Wa Alla Ali Saydina Muhammad

Ikhwan fiddin….Subhanallah….sampai hari ini kita semua masih diberikan kesehatan yang sangat luar biasa…soalnya masih bisa menghirup udara dengan gratis + ga usah bayar lagi…hehehehe…karena salah satu anugerahnya memang begitu dari sana Nya….udah lama kita ga ketemuan ni di “Berbagi On line’ers”……masih ada yang inget ga,kita terakhir masuk ngebahas materi apa ya??….hehehehe….(padahal ane aja juga udah lupa)….Ah, ga penting materi apa yang sudah kita pelajari,yang penting kita terus belajar dan belajar terus…hehehehehehe

“Labaik Allahuma Labaik…Labaik Kalla Syarikalla labaik”…bacaan apa tu ya??hehehe…masih inget juga ga??…YUP…ntu bacaan orang waktu lagi memutari Ka’Bah,di Masjidil Haram….subhanallah,ga kerasa ni…kita sebentar lagi akan masuk ke dalam bulan Dzuhijjah,dimana dalam bahasa gampangnya yaitu masuknya bulan Idul Adha atau lebaran Haji atau lebih gampangnya lagi yaitu bulan dimana kita sama-sama menyembelih hewan Qurban…di dalam Al-Qur’an Allah Azza Wa Jalla membahas hal ini melalui surat  Al Kautsar (Nikmat yang banyak)…

  1. innaa a’thaynaaka alkawtsara (Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu ni’mat yang banyak.)
  2. fashalli lirabbika wainha (Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah)
  3. inna syaani-aka huwa al-abtaru (Sesungguhnya orang-orang yang membenci kamu dialah yang terputus)

Ihkwan fiddin, ada hal yang menarik dalam hal ini….ternyata ini surat sering kita baca banget….(kita….loe aja kale….hehehehehe)…..Allah Azza Wa Jalla, secara tersirat menjelaskan dalam surat di atas ayat ke 2 yaitu berkorbanlah…Para ahi hadish menerangkan bahwa yang di maksud berkorbanlah yaitu termasuk yang namanya Qur’ban dalam arti penyembelihan hewan ternak…Seperti biasa ada pelajaran menarik yang bisa kita ambil dari percakapan Cang Haji dan Entong berikut ini….

H             : Tong, udah siap-siap belum nyembelih kambing atawa sapi buat Idul Qurban tahun ini??

E              : Allhamdulilah Cang….

H             : Allhamdulilah apaan ni???

E              : Allahamdulilah belum cang….(hehehehehehe)

H             : Ya Allah Tong….emang lo kerja udah berapa lama sich??

E              : Ya allahamdulilah mah, ane kerja udah kerja 4 tahun cang…

H             : Nah, tu lo kerja udah bagus….udah masuk 4 tahun…emang gaji lo berapa,sampe lo udah berkali-kali lebaran Qurban masih belum Qurban aja tong???

E              : jadi malu Cang ngomongnya….hehehehehe, tapi adalah Cang….insya allah cukup buat kehidupan selama 1 bulanan mah…

H             : Nah, tu lo bilang cukup, kenapa masih belum juga loe qurban?…setiap tahun lo selalu bilang sama gw katanya “kepengen banget Cang entong qurban,doa in tahun depan bisa qurban ya Cang”…jelas Cang  Haji menirukan perkataan Entong…

E              : Iya cang , tapi mau gimana lagi cang…Gaji sich ada Cang…tapi kan Entong harus bayar cicilan –cicilan Cang…ada cicilan motor,cicilan Hp, sama uang buat sekolah si Toha cang (adek kandung nya si Entong yang masih sekolah…..

H             : Masya Allah Tong…kalo uang buat adek lo si Toha mah, gw setuju banget…lah tapi kalo lo punya uang harus lo habisin sama yang namanya cicilan….waduh….sayang banget Tong…bukan Cang ga setuju tong…tapi inget, yang kita cicil mah nilainya gampang banget berkurang+senengnya sesaat Tong.

H             : Coba apa-apa yang lo cicil,nilainya disatukan dengan kalo lo cicil dengan 1 qurban, nilainya pasti jauh lebih mulia Tong…emang lo bayar cicilan motor 1 bulan berapa??

E              : Iya sich Cang….ane bayar cicilan motor 1 bulan 700rb cang

H             : Dashyat lo Tong….gw ga bilang lo salah….tapi..ntu lo bisa cicil 700 rb sebulan, kalo semisal lo ambil cicilan yang 2 tahun total adalah 16.800.000, itu artinya lo bisa beli  1 sapi penuh Tong untuk lo Qurban kan setara dengan 7 Peng-Qurban….Subhanallah…..

H             : Inget Tong…apa-apa yang kita lakukan,bukan berarti ga boleh yang berbau  dunia Tong….allah justru menganjurkan kita kejar dunia,seolah-olah kita akan hidup 1000 tahun lagi tong…tapi inget tong,ada yang harus kita kejar selama di dunia juga untuk persiapan ke akhirat Tong…Ya, qurban salah satu bentuk ucapan syukur kita tong…bukan kah Alllah Azza Wa Jalla dalam surat Alam Nasyrah (94) mengatakan:

(1) “alam nasyrah laka shadraka”

Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?

(2)”wawadha’naa ‘anka wizraka”

dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu

Arti nya Tong, Allah Azza Wa Jalla telah melapangkan kita dari segala bentuk kelapangan, bisa itu kesehatan, harta, rezeki, dll…dan juga Allah Azza Wa Jalla telah juga melepaskan beban kita (walau, dalam kasus surat ini di tunjukan ke Baginda Rasullah SAW)….tapi kan kita juga patut mentaatinya…

(5) “fa-inna ma’a al’usri yusraan”

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

(6)” inna ma’a al’usri yusraan”

sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

E              : Bener juga sich Cang….

H             : Bukan bener juga Tong,tapi bener banget + Ciyus ini mah tong….hehehehehe”seraya Cang Haji pun tertawa”….Tong, yang namanya bersyukur kepada Allah SWT bukan dan tidak hanya cukup dengan hanya niat saja atau berdoa saja, tapi memang harus ada gerakan nyata dari kita ,kemauan+kemampuan harus jadi 1 gerakan yang sama Tong…dan sesuai dengan janjinya di surat tadi bahwa ada kesulitan pasti ada kemudahan, dan memang yang atur itu semua adalah ALLAH SWT, dan Allah SWT akan melihat dulu kerja keras kita, lah kalo belum mulai tapi udah ngarepin pertolonganya ga serung Tong….cepet bener orang akan meminta Nya….itu namanya ga ada usahanya….

E              : Iya Cang,Tong baru sadar….bahwa ternyata Entong hari ini masih sebatas pengen saja, ingin saja,….tapi lupa akan gerakan nyata…+ Entong juga sadar rasa syukur Ntong juga belum cukup hanya di ucapan saja…dan rasa berbagi kepada sesama(qurban), Entong masih kurang

H             : Dah….yang penting loe tau sekarang, bukan Cuma doain,maunya sich,dll…..Ni….sekarang gw kasih modal awal lo tabunngan untuk tahun depan beli hewan Qurban…

E              : Hah??!@#$……Nyang bener ni Cang???

H             : Bener lah,masa gw bohong urusan yang begini an….mungkin emang udah jalan lo, dapet modal awal dari Allah Azza Wa Jalla, cuman perumpamaanya lewat ge aja Tong….dah….lo simpen tabungan ini, cicilan-cicilan yang tadi pindahin dah uangnya buat tambahin tabungan qurban lo…mau begimana caranya lo atur dah….

E              : Makasih Ya Cang…..ane pamit dulu….Assalamualaikum….

H             : Waalaikum sallam warabmatuhlaah hiwabarakatuh…

Ikhwan fiddin…..kemampuan dan kesanggupan kita untuk menyerukan seruan Allah SWT, terkadang terbentuk oleh faktor eksternal…(baik itu uang,tenaga,waktu ,dll)….tapi mari kita belajar dari apa yang di maksud 2 surat dalam Al-Qur’an yang Allah berikan buat kita….Bahwa sanya, Allah pengen kita berusaha dulu…ber Qurban, naik Haji, dan lain-lain merupakan pelaksanaan yang membutuhkan kesiapan baik fisik ataupun finansial,….tapi itu semua bisa teratasi jika kita mau berusaha, siap, dan dapatkan Ridha Nya..

Semoga bermanfaat, mari kita sambut panggilan Allah SWT di bulan yang sebentar lagi hadir di hadapan kita sama-sama…Yu, mulai search di “Om Google, atau Tante Yahoo”….kira-kira mau Qurban sapi atau kambing ya…heheheheh….bagi yang udah pernah Qurban, jangan berhenti 1 saja….hayu, kita berikan Qurban tahun ini untuk saudara-saudara yang membutuhkan….

Ya Rab….begitu banyak limpahan rezeki yang Kau berikan kepada kami

Ya Rab….berikan kemudahan bagi hamba untuk bisa memenuhi segala seruan Mu

Ya Rab….bukan hanya penyembelihan Qurban saja yang aq mau Ya Rab, tapi juga mudahkan hamba untuk bener-bener bisa ke Rumah Mu Ya Rab….

Ya Rab…Ridhai segala apa-apa yang kami lakukan…

Ya Rab….hanya kepada Mu kami memohon, dan meminta…

Amiin

Wallahu a’lam bishshawab

Wassalamualaikum’ Wr.Wb 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s