Ber-ibadah dengan IMAN

Posted: Februari 12, 2014 in Ramadhan
Tag:

Assalamualikum Wr.Wb.

Giman ni kbrnya ikhwan / akhwat di senin yang bahagia ini?..(padahal,boro-boro bahagia,orang dari libur enak-enak minggu harus masuk pagi-pagi,macet pula….wkwkwkwkwkwkw,mungkin hal tersebut terlintas se-bagian dari kita)….hehehe..

Ikhwan /akhwat yang di rahmati Allah SWT,kemaren kita sudah belajar akan “DOA”…nah kali ini,seperti biasa kita share lagi tentang pokok pembahasan yang lain, yang insya allah menambah wawasan kita dalam ber-ilmu, dan semoga ilmu tersebut bermanfaat. Menjelang Ramadhan yang tinggal beberapa hari ni, asyik juga kita share-share tentang hal tersebut, seperti biasa selalu ada aja percakapan / dialog antara 2 insan manusia yang bisa kita ambil hikmah dari dialog tersebut yang ane coba cuplik antara si Entong sama Cang Haji:

H : Tong, sebentar lagi kita akan kedatangan tamu istimewa yang di tunggu-tunggu sama orang beriman, dan paling tidak di tunggu sama orang yang kurang beriman ni Tong…..

E : kok ada yang beriman, ada yang ga Cang?? “tanya Entong”

H : lah emang begitu dari sono nya…kan yang beriman mah udah jelas, nah kalo kurang beriman yang memang begitu juga,Cuma beda nya….tau ramadhan penting, tapi siwer iman nya.

E : Cang istimewa nya dimana Cang??

H : Begini  Tong,lo denger bae-bae ya…ada beberapa istimewa nya antara lain Tong:

  1. Datangnya ramadhan adalah bulan dimana bulan yang paling indah, karena dianggapa sebagai bulan pengampunan dosa Tong…Elo punya dosa ga Tong??”tanya Cang haji??”….Lah dosa mah punya Cang,gede kali cang,pan Entong masih suka ninggalin sholat,jarang baca Qur’an,sedekah kalo punya doang Cang.”jawab Entong”…Nah entu dia  tong,kalo loe sadar punya banyak dosa,cakep banget dech…Ni bulan,pas banget buat lo Tong,karena Allah SWT kasih lo diskon untuk cepet-cepet apus ntu dosa.”cetus Cang Haji”…Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena beriman dan mengharapkan pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosa yang lalu” (HR.Bukhari:1802& Muslim : 175)
  2. Di dalam Ramadhan ada malam Lailatul Qadar.”Sesungguhnya Kami telah menurunkanny (Al-Qur’an) pada malam kemulian. Dan tahukah kamu apa malam kemulian itu?malam kemulian itu lebih baik dibandingkan seribu bulan. Pada malam itu, para malaikat, dan Jibril turun dengan izin Tuhan nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al-Qadr1-5).

Sebagai ladang pahala Tong,”tambah Cang Haji”….ladang pahala begimana Cang?”tanya Entong”….Pahala yang berlipat ganda Tong..dimana ni bulan juga kasih “diskon” gede-gedean…contoh aja ni Tong,dari sekian yang banyak yang Cang Haji tau yaitu kalo kita bisa mem-bukakan orang puasa dari tangan kita,ni hal yang paling gampang banget Tong..Coba lo bayangin Tong, kalo semisal lo punya air aqua lantas kemudia lo kasih buat orang yang sedang berpuasa pahale lo gede Tong…Apa sebab? Karena Inilah janji pahala yang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sebutkan,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”Nah sekarang tinggal loe main perkalian aja dech Tong,semisal lo kasih minum aja ke orang yang mau buka puasa air yang harga nya Rp 500.,00 lo udah dapet perkalian 2x, nah kalo lo beli aqua yang gedean isi 48 pcs berati dikali lagi Tong,begitu seterusnya”jelas Cang Haji….Begimana kalo Entong ga punya uang??”tanya Entong”…Kesian amat loe Tong,maka kerja biar dapet uang”canda Cang Haji”…hahahahahaha,tetap aja Tong bisa dapet pahale nye,caranya sederhana bantuin aja ntu marbot masjid bagi-bagi in orang yang pada mau buka, Insya Allah berkah buat semua nya karena memang Allah SWT Maha Kaya

  1. Dibukanya pendaftaran orang untuk masuk Pintu Surga Nya Allah SWT…”tambah Cang Haji”…Hah??”binggung Entong”…..emangnya masuk perguruan tinggi atawa masuk PNS Cang, pake pendafataran segala??”tanya Entong”…Dasar lo mah Tong, makanya sering-sering donk main ke Majelis Ilmu,lo mah ngayap melulu sich ke mall…hehehehe”canda Cang Haji”…jadi tong di mulai nya Ramadhan adalah pendaftaran untuk masuk Surga, ente bebas mau masuk dari pintu mana aje,dari pintu yang 1-5,dstnya….ade pintu sholat,pintu tahajud,pintu sedekah,pintu baca Qur’an,pintu-pintu yang lain tong, dan bertingkat-tingkat Tong. Pasti lo mau tanya,kenapa mesti ada kalimat pintu Cang?”tanya Entong”…Ya, emang begitu Tong…Orang dimana-mana kalo mau masuk rumah lewat mana emang??langsung ada didalamnya atau lewat pintu nya dulu??”tanya Cang Haji”….lewat pintu Cang”jawab Entong”,tapi Cang kan bisa juga lewat jendela??”timbal Entong”…ITU MAH MALING TONG”jawab Cang Haji,hahahahahahahahah,”kedua nya saling tertawa”…

Sekelumit cerita tadi meng-inspriasi ane buat bisa dibagikan menjadi bahan share buat kita sama-sama, bahwa begitu dashyat nya Ramadhan jika kita menjalankan ibadah puasa dengan penuh ke-imanan, dan karena memang IMAN lah yang akan menjadi panduan kita selama menjalankan ibadah yang diperintahkan Nya…semoga ilmu yang kecil ini dapat bermanfaat buat kita semua, dan insya allah akan ada sekual cerita-cerita yang bisa kita share atau ambil hikmah dari cerita-cerita kecil.

Oiya,just info untuk rekan-rekan yang akan ikut mendermakan( lihat materi yang kemaren) untuk keperluan kita bersama-sama, ditunggu ya. Karena kita sudah mendekati waktu ramadhan, mudahan hajat kita semua terlaksana dengan baik dan tentunya dengan izin ALLAH SWT.

AMIN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s